Sunday, 1 March 2015

PERALATAN MENDAKI GUNUNG



Hallo semua pembaca blog gue… di thread gue kali ini, gue akan sedikit membahas macam – macam apa saja yang di perlukan untuk mendaki gunung. Sebenarnya peralatan untuk mendaki gunung sangatlah banyak, tergantung dari tingkat susah mudahnya gunung yang akan di daki. Namun pada thread gue kali ini gue hanya akan membahas peralatan yang umum yang biasanya di butuhkan… oke langsung saja kita bahas.

1.     Tas daypack/ Tas Carrier
Perlengkapan pertama yang sangat kita butuhkan adalah sebuah tas, tas sangat di butuhkan untuk menampung seluruh perlangkapan yang akan kita bawa nantinya. Mulai dari tenda dome, matras, pakaian ganti hingga logistik kita. Ragam dari tas tentu saja ber macam – macam. Begitu juga ragam tas yang kita perlukan untuk mendaki gunung. Namun umumnya kita memerlukan tas carrier (tas yang ber ukuran besar) menurut gue tas carrier tidak harus bagus dan ber-merk tapi yang penting adalah fungsinya J



2.      Jaket
Hal kedua yang sangat di perlukan adalah jaket, tentu saja jaket yang di gunakan untuk mendaki sedikit berbeda dari jaket yang biasa di pergunakan untuk keseharian. Jaket yang kita perlukan yaitu jaket yang sedikit lebih tebal dan tentu saja jaket yang windproof (anti angin) dan waterproof (anti air). Kenapa harus windproof dan waterproof ?? karena jaket yang seperti tersebut perlu untuk mendukung aktifitas mendaki kita. Dan kita juga menjadi safety  dari terpaan angin gunung yang dingin dan air hujan.



3.      Sepatu track
Usahakan dalam mendaki gunung gunakanlah sepatu track, kenapa sepatu track ?? karena sepatu track telah di design khusus supaya nyaman untuk kegiatan outdoor.



4.      Matras
Fungsi dari matras banyak sekali, mulai dari sebagai alas untuk di dalam tenda, untuk alas duduk duduk. Dam berbagai macam lain kegunaannya, harga dari matras sendiri tidak lah terlalu mahal. Semua kembali dari kualitas masing – masing umumnya harga matras mulai dari 25 ribu hingga 100 ribu rupiah.



5.      Tenda dome
Peralatan selanjutnya yaitu tenda dome, tenda berfungsi sebagai tempat berteduh kita di alam nantinya. Bentuknya yang ringkas, memudahkan kita untuk memasukannnya kedalam tas carrier, usahakan membawa tenda yang double layer, karena dinilai lebih tahan terhadap terpaan angin dan air hujan.

6.      Jas hujan/ Ponco
Jas hujan sangatlah dibutuhkan karena guna melindungi diri kita supaya tetap kering dari air hujan. Dalam banyak kasus banyak pendaki yang lalai mengabaikan membawa jas hujan, sehingga pada saat hujan pakaian mereka menjadi basah kuyup, sehingga dapat memungkinkan terjadi hal – hal yang tidak di inginkan seperti hipotermia. Oleh karena itulah jas hujan sangat di butuhkan untuk seorang pendaki J



7.      Kompor Dan Nesting
Kompor dan nesting berfungsi sebagai peralatan memasak kita selama di gunung. Kompor memiliki berbagai macam jenis dan bentuk. Namun usahakan untuk membawa kompor gas, karena menurut gue kompor gas lebih praktis dan sangat mudah di gunakan. Nesting pada jaman dahulu umumnya di pakai oleh tentara, namun pada jaman sekarang sudah banyak di pakai oleh para pendaki karena fungsinya yang sangat praktis sebagai pengganti panci.



8.      Senter/Headlamp
Senter sangat berguna sebagai penerangan di malam hari supaya kita tidak sampai salah jalur ketika mendaki gunung.
9.      Sleeping Bag
Sleeping bag berguna untuk menghangatkan tubuh kita ketika sedang tidur, selain itu sleeping bag juga berfungsi sebagai alat bantu untuk menghangatkan diri pada penderita hipotermia.



10.  P3K
Dalam segala hal kegiatan outdoor usahakan untuk tidak sampai lupa membawa perlengkapan P3k, karena bisa saja di alam terjadi hal – hal yang tidak kita inginkan.



11.  Peta Dan Kompas
Seperti pada kegunaannnya, peta berfungsi sebagai pemandu jalur kita untuk menuju tujuan kita. Usahakan lah paham dalam membaca peta, apabila tidak paham maka akan percuma kita mempunyai peta, kegunaan kompas sudah tentu untuk mengetahui arah mata angin. Selain itu kompas juga berfungsi untuk menunjang kinerja dari kompas


12.  Kamera
Jangan lupa untuk membawa peralatan dokumentasi, bagi gue dokumentasi sangatlah penting, karena apalah arti sebuah perjalanan tanpa sebuah dokumentasi wahahahahaha -________-



Selain dari sekian perlengkapan di atas tentu saja masih banyak perlengkapan lain yang belum gue sebutin, tapi pada intinya yaitu satu, jangan lupa selalu berdoa sebelum melakukan perjalanan maupun pendakian :)
See yaa…..


Source Gambar : GOOGLE

Izzudin Qossam Web Developer

seseorang yang malas mandi, rambut acak acakan muka tidak kalah acak acakan ;p 

2 comments: