Thursday, 2 April 2015

USE CASE DIAGRAM


Source Photo
   Use Case diagram atau sering di sebut juga dengan diagram Use Case adalah pemodelan untuk kelakuan (toolbox) sistem informasi yang akan dibuat. Use Case mendeksripsikan sebuah interaksi antara satu atau lebih aktor dengan sistem informasi yang akan di buat. secara kasar, use case digunakan untuk mengetahui fungsi apa saja yang berhak menggunakan fungsi-fungsi itu.

   Syarat penamaan use case adalah nama di definisikan se simpel mungkin dan dapat di pahami. ada dua hal utama pada use case yaitu pendefinisian apa yang di sebut aktor dan use case.
  • Aktor merupakan orang, proses, atau sistem lain yang berinteraksi dengan sistem informasi yang akan dibuat di luar sistem informasi yang akan di buat itu sendiri, jadi walaupun simbol dari aktor adalah gambar orang, tapi aktor belum tentu merupakan orang.
  • Use case merupakan fungsionalitas yang di sediakan sistem sebagai unit-unit yang saling bertukar pesan antar unit atau aktor
   Berikut adalah simbol simbol yang ada pada Aplikasi StarUML untuk membuat Use Case diagram  :

Simbol
Deksripsi
Use Case


Fungsionalitas yang disediakan system sebagai unit-unit yang saling bertukar pesan antar unit atau actor, biasanya dinyatakan dengan menggunakan kata kerja di awal frase nama use case.
 Actor


Orang, proses, atau sistem lain yang berinteraksi dengan sistem informasi yang akan dibuat di luar sistem informasi yang akan di buat itu sendiri, jadi walaupun simbol dari aktor adalah gambar orang, tapi aktor belum tentu merupakan orang. biasanya dinyatakan menggunakan kata benda di awal frase nama aktor. 

Asosiasi (Association) 


Komunikasi anatara aktor dan use case yang berpartisipasi pada use case atau use case memiliki interaksi dengan aktor.
 Ekstensi (Extend)



Relasi use case tambahan ke sebuah use case dimana use case yang ditambahkan dapat berdiri sendiri walau tanpa use case tambahan itu, mirip dengan prinsip inheritance pada pemrograman berorientasi objek, biasanya use case tambahan memiliki nama depan yang sama dengan use case yang di tambahkannnya.

Generalisaasi (Generalization) 


Hubungan generalisasi dan spesialisasi (umum-khusus) antara dua buah use case dimana fungsi yang satu adalah fungsi yang lebih umum dari lainnya.
Menggunakan/Include/Uses




Relasi use case tambahan ke sebuah use case dimana use case yang ditambahkan memerlukan use case ini untuk menjalankan fungsinya atau sebagai syarat dijalankannya use case ini

ada dua sudut pandang yang cukup besar mengenai include di use case :
  • Include berarti use case yang ditambahkan akan selalu di panggil saat use case ditambahan di jalankan.
  • include berarti use case yang tambahan apakah use case yang ditambahkan telah dijalankan sebelum use case tambahan di jalankan. 
kedua interprestasi di atas dapat di anut salah satu atau keduanya tergantung pada pertimbangan dan interprestasi yang di butuhkan.






Izzudin Qossam Web Developer

seseorang yang malas mandi, rambut acak acakan muka tidak kalah acak acakan ;p 

No comments:

Post a Comment