Tuesday, 31 March 2015

APLIKASI STAR UML




PENGENALAN

     Pemodelan adalah  hal yang tidak dapat di lepaskan dari pembangunan sebuah aplikasi. sebagai cikal bakal dari suatu aplikasi, proses memodelkan tentu bukanlah hal yang mudah. namun seiring berkembangnya teknologi, pemodelan yang notabene memakan banyak waktu dapat di selesaikan menjadi lebih cepat dan terorganisasi. Hal tersebut dapat terjadi dengan menggunakan bantuan aplikasi pemodelan.

     StarUML merupakan sebuah software pemodelan yang mendukung UML (Unified Modelling Languange). StarUML bisa memaksimalkan produktifitas dan kualitas dari sebuah software project karena mendukung notasi UML 2.0 dan juga mendukung pendekatan MDA (Model Driven Architecture).

Model, View dan Diagram

     StarUML membuat perbedaan konseptual yang lebih jelas antara models, views dan diagrams. Model adalah sebuah elemen yang memuat informasi untuk model Software. view merupakan elemen yang memuat informasi di dalam model. Diagram adalah suatu koleksi dari elemen yang memberikan pemikiran user di dalam mendesain secara spesifik.

Project

     Project merupakan unit manajemen dasar di dalam StarUML. suatu Project dapat mengatur satu ataupun lebih model software. project merupakan top-level package di dalam beberapa model software. secara umum, suatu project didalam satu file.
     struktur project di dalam StarUML dimana sebuah projek terdiri dari dan mengatur sub-elemen sebagai berikut ini : 

Project sub-elemen
Deskripsi
Model
Elemen yang mengatur suatu model software
Subsystem
Elemen yang mengatur model-model yang tercangkup dalam suatu sub sistem
Package
Elemen yang paling umum untuk mengatur elemen

     File project disimpan ke dalam format XML dengan extension ".uml". semua model, view dan diagrams yang di buat dengan StarUML disimpan dalam satu file project berisikan informasi sebagai berikut ini :
  1. UML profile yang digunakan dalam projek.
  2. File unit yang diferensi oleh projek
  3. Informasi untuk semua model yang ada di dalam project
  4. Informasi untuk semua diagrams dan views yang ada di dalam project.
Units
     
     Terdapat Beberapa Kasus dimana satu project perlu disimpan di dalam beberapa file-file kecil sehingga para pengembang dapat bekerja di dalam satu project secara bersamaan. di dalam kasus ini suatu project dapat mengatur bermacam-macamunit. suatu unit mempunyai struktur hirarki dan berisikan beberapa sub-unit. Unit disimpan sebagai ".uml" file dan beberapa mengacu pada file project (.uml) atau unit file lainnya (.unt).

     Komposisi unit terdiri dari package, subsystem dam elemen model yang dapat membentuk satu unit. semua elemen di bawah jenis elemen package ini disimpan di dalam masing-masing file unit (.unt)

Module
  
     Modul adalah suatu package yang menyediakan fiungsi-fungsi yang menyediakan fungsi-fungsi baru dan fitur sebagai perluasan dari StarUML. Modil dapat dibuat sebagai kombinasi dari beberapa elemen-elemen di dalam suatu modul.

Cara Instalasi StarUML

     Aplikasi StarUML dapat di download DISINI  atau DISINI. berikut merupakan langkah-langkah instalasi pada StarUML 5.0.2 pada windows :

1. Klik dua kali pada StarUML 5.0.exe, setelah itu pilih Next


2. Pilih "I accept the agreement"


3. Pilih tempat penyimpanan program sesuai keinginan anda, Kemudian Next


4. Tulis nama folder tempat penyimpanan, kemudian pilih Next


5. Centang pada "Create a dekstop icon" jika ingin membuat shortcut pada dekstop, kemudian pilih Next.

6. Pilih Install


7. Tunggu hingga proses Instalasi Selesai


8. Pilih Finish


9. Aplikasi StarUML telah selesai di install. berikut adalah tampilan awal program StarUML


Izzudin Qossam Web Developer

seseorang yang malas mandi, rambut acak acakan muka tidak kalah acak acakan ;p 

1 comment: