Wednesday, 8 April 2015

TIPS MENIKMATI BEKERJA DIKANTOR


     TIPS MENIKMATI BEKERJA DIKANTOR - Bekerja memang suatu hal yang kadang malas untuk kita jalani, namun karena tuntutan kebutuhan hidup, mau tidak mau kitapun harus bekerja untuk mencukupi kebutuhan hidup kita. supaya kita betah bekerja dan tidak cepat stress, ada beberapa hal-hal yang perlu diperhatikan. 
     Nah, kali ini KOSEMISME akan sedikit sharing tips menikmati bekerja di kantor :D
semoga bermanfaat untuk pembaca...
1. Tinggal dekat dengan kantor.

Bertempat tinggal yang jauh dari kantor tentu saja memerlukan usaha yang besar untuk mencapai tempat kita bekerja, tentu saja ada efek samping dari tempat tinggal kita yang jauh dari kantor, seperti misalnya badan kita sudah capek ketika kita baru mencapai kantor dan terlambat mencapai kantor. oleh karena itu tinggal dekat dengan tempat kita bekerja merupakan suatu faktor penting. selain kita tidak perlu bersusah payah mencapai kantor, kita pun jug adapat berhemat biaya untuk menuju kantor. 

2. Tidak membawa pulang kerjaan.

Selain bertempat tinggal dekat dengan tempat kita bekerja, faktor lain yang perlu di perhatikan adalah usahakan untuk tidak membawa pulang kerjaan kantor. berada dirumah adalah waktu kita untuk bercengkrama dengan keluarga maupun dengan tetangga sehingga kita wajib menghindari lembur dirumah membawa pekerjaan, apalagi sampai-sampai melibatkan anggota keluarga untuk membantu menyelesaikan pekerjaan kantor. efek samping dari hal tersebut dapat menimbulkan masalah hubungan sosial dengan isteri/suami, anak, orang tua, tetangga dan lain sebagainya 

3. Akrab dengan rekan, atasan maupun bawahan. 

salah satu faktor kita betah bekerja di kantor adalah kita akrab dengan rekan kerja kita, atasan kita dan juga bawahan kita selayaknya keluarga sendiri. bekerja akan menjadi nyaman serta akan terjalin ikatan saling membantu jika dalam menghadapi kendala-kendala dalam bekerja. usahakan juga untuk tidak jaim (jaga image) terhadap atasan maupun bawahan kita.

4. Tujuan kita bekerja adalah untuk beribadah, bukan uang semata.

Jangan pernah lupa untuk menjalankan ibadah kita walaupun sesibuk apapun pekerjaan kantor kita, jika kita bekerja ikhlas demi allah dan tidak banyak mengharap imbalan yang besar, maka bekerja akan tenang, nyaman, damai tentram dan tanpa beban.

5. Mencari cara untuk mempermudah pekerjaan.

Selalu pikirkan cara atau metode baru untuk membuat pekerjaan yang tadinya butuh waktu lama menyelesaikannya menjadi dapat selesai dalam waktu singkat. berusahalah mencari tau metode-metode untuk mempermudah pekerjaan, semisal dari internet, dari pakarnya, dengan menggunakan bantuan komputer, ataupun bertanya kepada orang yang lebih senior dari kita.

6. Mencari pekerjaan yang lebih enak.

Mungkin saja pekerjaan yang kita lakoni saat ini di kantor tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan secara horizontal. semisal, kita menyukai pekerjaan dilapangan, namun kita malah di tempatkan oleh perusahaan di depan layar komputer terus menerus sepanjang hari, solusi dari permasalahan ini adalah cobalah untuk mengutarakan unek-unek masalah penempatan dengan bagian HRD di perusahaan anda. mungkin saja mereka dapat membantu, selain itu bisa juga tunjukkan kemampuan dan dedikasi kita pada perusahaan karena bisa jadi jika ada posisi kosong, kita bisa dipertimbangkan perusahaan untuk naik mengisi jabatan itu.

7. Tidak menggantungkan hidup pada pekerjaan. 

Jika kondisi perusahaan sedang gonjang-ganjing, maka kita bisa ikut sport jantung karena berhubungan dengan kelangsungan hidup kita dan keluarga kita. namun jika kita mempunyai bisnis lain, maka kita dapat sedikit tenang walaupun kantor tempat kita bekerja mengalami pailit dan bubar jalan. disaat senggang pikirkanlah kira-kira peluang dan usaha apa yang kita bisa jalankan sesuai dengan modal yang kita miliki. jangan takut untuk mencoba jika usaha sampingan yang kita jalani belum berhasil.

8. Isi waktu istirahat/luang dengan hal yang berguna/bermanfaat.

Pada saat jam istirahat jangan dihabiskan untuk hal-hal yang tidak penting semisal main game sendirian, nongkrong di warteg, kerja terus, aktifitas pemerah tenaga, dan lain-lain. isi waktu senggang anda di kantor dengan hal-hal yang bisa mendukung pekerjaan kita seperti tidur siang sebentar, makan dengan teman sekerja, mengobrol dengan banyak teman, jalan-jalan, merintis bisnis sampingan dan masih banyak lagi aktifitas berguna lainnya. 

9. Meninggalkan budaya buruk perusahaan.

Terkadang ada saja budaya buruk yang berlaku di dalam perusahaan yangdapat membuat para karyawan/pegawainya pusing dan stress. contohnya yaitu junior harus hormat dan menjunjung tinggi senior, membatasi hubungan sosial, pelit mengeluarkan uang untuk pegawai, semena-mena terhadap karyawan/pegawai dan lain-lain sebagainya. jika perusahaan tempat kita bekerja melakukan budaya buruk seperti itu, lebih baik kita untuk tidak mengikutinya.

10. Mengatasi konflik dengan kepala dingin serta musyawarah.

konflik di kantor adalah hal yang biasa terjadi, baik antara karyawan dengan karyawan, maupun antara karyawan dengan perusahaan. untuk itulah jika kita sedang berada dalam konflik, kita harus sesegera mungkin menyelesaikan konflik dengan kepala dingin dan mengutamakan penyelesaian dengan jalan musyawarah. tidak perlu dengan menggunakan  emosi dan kekerasan. dengan tanpa emosi insyaallah permasalahan/konflik akan segera terselesaikan dan tanpa mengakibatkan permasalahan baru.

11. Bawa barang-barang yang kita sukai ke kantor.

 tidak ada salahnya kita membawa bingkai foto keluarga, boneka kesayangan, pajang-pajangan unik, aksesoris lucu-lucu, ATK yang unik-unik, majalah, makanan ringan kesukaan kita, dan lain-lain sebagainya. buat senyaman mungkin tempat anda bekerja dengan menyetting tempat kerja atau ruang kerja kita sesuai dengan apa yang kita mau, tetapi tetap wajar dan tidak nyleneh.
Izzudin Qossam Web Developer

seseorang yang malas mandi, rambut acak acakan muka tidak kalah acak acakan ;p 

3 comments: